12 Cara Menggali Kreativitas Siswa dalam Kelas

https://ppkn.guruindonesia.id/
12 Cara Menggali Kreativitas Siswa dalam Kelas 
ppkn.guruindonesia.id - Pada dasarnya manusia dilahirkan memiliki kemampuan dan bakat yang berbeda-beda, banyak juga yang sama akan tetapi banyak pula yang berbeda. Semua kemampuan yang dimiliki manusia merupakan sebuah Anugerah dari Allah SWT kepada manusia untuk digunakan sebaik-baiknya agar bermanfaat bagi dirinya, keluarga dan orang lain. Akan tetapi terkadang manusia tidak sadar akan kemampuan yang dimilikinya terkadang memang tidak tahu kemampuan yang dimilikinya. Disini kita sebagai Guru dan orang tua harus menggali akan kemampuan yang dimiliki anak keluar dan bisa maksimal dimanfaatkan oleh anak kita. 

Setiap tahun sebagai guru tentu kita menimbang-nimbang siapa selanjutnya yang akan menjadi murid kita tahun ajaran ini. Menimbang-nimbang yang dimaksud adalah menimbang perilaku, kemampuan akademis serta yang terpenting kemampuan sosialisasi antar murid di kelas. Berkat informasi yang didapat dari guru lainnya, guru bisa memaknainya sebagai informasi awal dalam upaya untuk meningkatkan potensi siswa di kelas. Salah satu cara agar siswa mengenali sendiri potensi dan kemampuannya adalah dengan menjadikan mereka menjadi siswa yang kreatif. Mari terlebih dahulu merubah pandangan bahwa kreativitas bukan hanya ada di dunia seni. akan tetapi Kreativitas bisa dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja. Dengan kreativitas disegala bidang kehidupan maka akan banyak inovasi-inovasi baru yang lahir dari kreativitas tersebut. 

Apabila disetiap lingkungan sekolah memiliki guru yang kreatif, siswa yang kreatif maka akan membuat dunia pendidikan Indonesia maju. Di masa yang akan datang siswa yang kreatif akan mewarnai Indonesia dengan karya dan sumbangsihnya. ini semua merupakan tugas guru disekolah dan orang tua dirumah untuk menjadikan siswa nya kreatif. Berikut adalah beberapa cara membuat siswa di kelas menjadi kreatif, Semoga bermanfaat dan membantu.

  1. Buatlah siswa dikelas saling mengajarkan sesama temtan lainnya sebagai bagian dari strategi belajar
  2. Latih dan biasakan siswa untuk berpendapat dengan jelas dan lancar, sebagai cara membuat siswa percaya diri di depan teman-temannya.
  3. Biasakan siswa untuk selalu berpartisipasi dan bersosialisasi dalam kelompok.
  4. Buatlah sebuah kegiatan yang positif di kelas agar siswa bisa berpikir mandiri sekaligus menjadi pemecah masalah.
  5. Siapkan dan buatlah tugas untuk siswa, biasakan dalam tugas tersebut diakhiri dengan penugasan dimana siswa diminta mengekspresikan diri secara kreatif bisa dengan drama, komik atau hal lain yang menuntut siswa kreatif
  6. Biasakan siswa bekerja sama dalam kelompok agar mereka terbiasa bekerja sama dengan orang lain.
  7. Biasakan memberi tugas yang kreatif misalnya daripada sekedar meminta siswa merangkum/membuat resume isi buku, sesekali meminta siswa mendisain ulang gambar-gambar yang ada dalam buku tersebut atau bisa juga cover bukunya.
  8. Memberikan kesempatan kepada siswa dalam perencanaan pengajaran. Dengan demikian siswa biasa mengungkapkan pikiran dan berani mengungkapkan pendapat serta kemampuannya.
  9. Saat membahas sesuatu hal di kelas, cobalah bertanya kepada siswa, “apa yang terlintas dalam pikiranmu ketika mendengar kata misalnya "wayang".
  10. Berikanlah pekerjaan rumah yang berkualitas dan kreatif kepada siswa, bukan sekedar tugas yang hanya membuat siswa pusing. Misalnya daripada meminta siswa mengerjakan soal pilihan ganda, sebaiknya sesekali meminta siswa melakukan wawancara, memotret gambar lewat hp lebih bagus lagi yang berhubungan dengan mata pelajaran, kemudian memberikan komentar dan banyak kegiatan lainnya yang membuat siswa tertantang.
  11. Perbanyaklah diskusi dan interaksi antar siswa di kelas, Kurangi metode pengajaran ceramah dan komunikasi satu arah di kelas, hanya dari guru pada siswa itu akan membuat siswa monoton.
  12. Menciptakan budaya menjelaskan di kelas, setiap pertanyaa-pertannyaan atau jawaban yang diberikan/disampaikan oleh siswa bukan sekedar menjawab yang betul atau silahkan buka halaman sekian. Artinya apabila ada siswa yang bertanya atau menjawab lalu dijelaskan, maka siswa akan semakin paham dan kritis kedepannya.

Pada dasarnya ke 12 cara diatas merupakan sebuah teori dimana apabila tidak di terapkan atau diaplikasikan maka harapan kita agar siswa kreatif dalam kelas hanya mimpi belaka. Masih banyak cara yang bisa dilakukan oleh setiap guru dikelas agar siswanya kreatif dikelas. apabila kiat-kiat ini dilaksanakan hasilnya siswa menjadi senang belajar, hubungan guru dan siswa juga menjadi semakin demokratis. Siswa akan menganggap gurunya adalah sosok orang yang mau mendengar dan juga orang yang senang belajar. Salah satu ciri manusia yang kreatif adalah senang belajar dan terus berusaha agar apa yang ia mimpikan tercapai. semoga tips ini bisa membantu dan bermanfaat bagi pembaca. 
Terima kasih sudah membaca artikel ini, berikan masukan dan komentar yang bermanfaat. 

0 Response to "12 Cara Menggali Kreativitas Siswa dalam Kelas "

Post a Comment

Silahkan beri komentar yang relevan dan membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel