19 Jurus Ampuh Menaklukan UNBK 2019


https://ppkn.guruindonesia.id/
Jurus Ampuh Menaklukan UNBK 2019
ppkn.guruindonesia.id - Ujian Nasional sudah didepan mata! Bagaimana perasaanmu, takut? atau mulai cemas dari sekarang? Apalagi buat yang akan melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK), pasti makin panik ya? Jangan khawatir! Meski ini ujian berbasis komputer, tetapi bukan menjadi sebuah alasan untuk menurunkan performa kamu nanti ya! Kamu pasti tetap bisa kok sukses di UNBK 2019 ini, asal tidak lupa untuk mempersiapkan jurus jitu menaklukan UNBK agar berhasil dengan nilai terbaik.  

Dulu saat Ujian kita terbiasa di atas kertas, tetapi sekarang sudah berubah dengan menggunakan komputer. Hal ini tentu akan ada mekanisme yang berbeda dari ujian sebelumnya. Mungkin terdengar sepele, tetapi kalau kita sudah paham betul cara pengerjaannya maka kita tidak akan kebingungan lagi saat pengerjaan. Tidak mau kan waktu mengerjakan soal UN nanti, waktu kamu tersita hanya karena masih kagok? Hal apa saja yang harus dipersiapkan? simak dan ikuti jurus jitu berikut ini!

1. Persiapkan diri kamu
https://ppkn.guruindonesia.id/Mempersiapkan diri adalah cara utama dalam meraih kesuksesan ujian nasional. Belajar secara konsisten dari awal sampai akhir di jauh - jauh hari, jangan sampai kamu belajar ketika besoknya akan menghadapi ujian nasional atau familiar dengan "sistem kebut semalam".
Karena materi ujian nasional itu sangat banyak, mulai kelas 1 sampai kelas 3. Jadi jika belajar dengan konsisten kamu mampu menguasai materi itu dan tidak akan merasa dikejar waktu, misalnya dengan meluangkan waktu 2 jam sehari untuk mempelajari berbagai materi untuk menghadapi ujian nasional.
Selain mempersiapkan otak, kamu juga harus mempersiapkan mental. Dalam artian kamu harus yakin bahwa kamu bisa sukses mengerjakan soal ujian nasional. Tapi jangan terlalu yakin, tanpa ada pengorbanan untuk belajar sama sekali.

Berbagai kendala pasti akan kamu temukan ketika kamu mempersiapkan diri, misalnya susah memahami beberapa materi atau bab. Jangan menyerah, kamu bisa ajak teman untuk belajar bareng atau sebagainya. Ada pepatah mengatakan "Bisa Karena Terbiasa". Semangat :)

2. Mempelajari kisi - kisi tahun sebelumnnya

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) merupakan penyelenggara ujian nasional (UN) biasanya merilis secara resmi kisi - kisi ujian nasional setiap tahunnya. Manfaatkan kisi - kisi sebaik mungkin, yaitu dengan menganalisa kisi - kisi dari tahun ke tahun, pelajari, dan coba kerjakan secara bertahap. Karena biasanya soal ujian nasional di tahun sebelumnya itu terkadang ada di soal ujian nasional saat ini. 

3. Jangan Gaptek
https://ppkn.guruindonesia.id/Sebagai Generasi Milenial jangan sampai kita gagap teknologi seperti cara menggunkaan komputer. Karena untuk beberapa tahun kedepannya pasti teknologi sangat bermanfaat dalam membantu kehidupan sehari - hari.
Contohnya juga sekarang, awalnya ujian nasional dilakukan dengan kertas. Namun sekarang dirubah dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang mana terasa lebih efisien dan lebih canggih.
Jadi mulailah berteman dengan teknologi, supaya kamu tidak merasa cemas ketika melihat soal UN di layar komputer. Intinya jangan sampai kamu cemas, karena kecemasan itu bisa merusak berbagai hal.

4. Ikuti simulasi
Sebelum menghadapi UNBK, biasanya tiap sekolah terlebih dahulu mengadakan simulasi UNBK. Meskipun simulasi dilakukan ketika libur, sempatkan waktu untuk mengikutinya. Karena simulasi tersebut bertujuan untuk membiasakan murid dan supaya tidak cemas ketika menghadapi UNBK.

5. Kerjakan soal yang mudah dulu
Hal ini ada kaitannya dengan "waktu mengerjakan", jadi kamu jangan sampai terus menerus mengisi soal yang susah hingga memakan waktu yang cukup lama. Alangkah baiknya kerjakan soal yang mudah dulu, lanjut ke soal ragu - ragu, dan terakhir baru kerjakan soal yang susah. Dengan cara itu pasti kamu tidak akan kehabisan waktu.

6. Percaya diri

Apabila persiapan sudah dilakukan dari jauh - jauh hari dan di rumah kamu sudah merasa siap menghadapi ujian nasional, jangan sampai percaya diri tersebut hilang ketika kamu mendapatkan kunci jawaban dari teman.

Karena dalam ujian nasional itu terdiri dari beberapa paket, otomatis beda soal juga beda jawaban. Maka jangan terlalu percaya ketika orang memberi jawaban. Meskipun memiliki paket yang sama, kamu juga harus berifikir "bagaimana kalau jawaban yang benar adalah jawaban kamu".

7. Ikuti prosedur yang berlaku
Prosedur atau Tata Tertib UNBK biasanya akan dibacakan oleh pengawas sebelum dimulai, seperti dilarang menggunakan mesin hitung, dilarang membawa HP, dan masih banyak lagi. Meskipun terasa risih, tapi ikuti saja semua prosedur yang berlaku supaya kamu sukses mengerjakan soal ujian nasional.

8. Tetap fokus, satu titik
Isi ujian nasional dengan sangat fokus, mulai dari hal kecil seperti login sampai mengerjakan soal. Karena tidak sedikit murid yang gagal karena kurang fokus, seperti halnya menyepelekan dan tidak memperhatikan layar dengan baik.

9. Mengikuti bimbingan belajar (les)
Dengan mengikuti bimbingan belajar, kamu akan mendapatkan materi tambahan selain materi yang didapatkan di sekolah. Untuk sekarang ini banyak pilihan bimbingan belajar yang ingin kamu gunakan, baik offline juga online.

Mengikuti bimbingan belajar memang membutuhkan biaya tambahan, terkadang juga cukup mahal. Tapi enaknya kamu bisa konsultasi secara santai apabila ada materi atau tugas yang belum kamu pahami. Supaya sukses menghadapi UNBK, biasanya kamu juga akan diberi beberapa materi tambahan juga prediksi soal.

10. Jangan lupa ibadah dan berdo'a
Kepintaran manusia tidak berarti apabila kita tidak bersyukur kepada yang memberinya (Tuhan). Maka sebagai anak muda yang pintar sekaligus beragama, beribadah lah sesuai ketentuan agama masing - masing dan berdoa supaya diberi kelancaran selama ujian nasional berlangsung.

11. Minta izin kepada orang tua
Orang tua adalah sosok yang berharga dalam kehidupan, mereka mampu membuat kamu tumbuh besar. Jangan sampai kamu mengecewakan mereka dan hargai keberadaan mereka, selagi mereka ada. Sebelum berangkat, minta maaf dan minta izin kepada mereka. Supaya mereka selalu mendoakan kamu.

12.Belajar kelompok
Jika kamu masih kurang percaya diri untuk bisa mengerjakan soal UN, silahkan belajar kelompok dengan teman-teman yang kamu anggap pintar. Bisa dengan teman sekelas ataupun dengan teman bermain yang sekiranya bisa saling membantu menemukan jawaban dari soal UN yang kemungkinan muncul.


13. Efisiensi waktu dan tinggalkan kegiatan yang tak bermanfaat
Belajarlah untuk menghemat waktu sebelum menghadapi UN. Hal ini untuk melatih kamu dalam menghemat waktu saat mengerjakan soal UN nantinya. Sehingga kamu bisa memprioritaskan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan mana yang perlu ditinggalkan.

14. Refreshing, why not
Sebelum atau sesudah UN, kamu diharuskan refreshing. Tujuannya sangat jelas, yaitu agar otak lebih tenang sebelum menghadapi ujian. Dan jika refreshing dilakukan setelah ujian, tentunya untuk meregangkan urat syaraf yang tegang agar kedepannya bisa lebih enjoy menjalani aktifitas lainnya.

15. Jaga kesehatan
Untuk hal yang satu ini sangatlah penting, yaitu jagalah kesehatan. Jika tubuh tidak fit, sudah pasti kamu akan kewalahan menghadapi soal UN yang ada. Jadi, jaga kondisi kapanpun dan dimananapun kamu berada.

16. Disiplin dalam belajar 
Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik . Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius. Tidak sambil main -main . Konsentrasi penuh.singkirkan sementara HP, TV, dan lainnya. Jika waktu makan , mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum usai. Bermain dengan teman atau game dapat merusak konsentrasi belajar. Sebaiknya kegiatan bermain juga dijadwalkan dengan waktu yang cukup panjang namun tidak melelahkan jika dilakukan sebelum waktu belajar. Jika bermain video game sebaiknya pilih video game yang mendidik dan tidak menimbulkan rasa penasaran yang tinggi ataupun rasa kelelahan yang tinggi jika kalah.

17. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakn kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. Tawarkanlah kepada teman untuk bertanya kepada kita hal – hal yang belum dia pahami. Semakin ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya Bersama – sama dengan teman.

18. Hindari Belajar Berlebihan
Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh belajar yang belum siap adalah belajar hingga larut malam/begadang atau membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak – anak.

19. Jujur dalam Mengerjakan Tugas, Ulangan dan Ujian
https://ppkn.guruindonesia.id/Hindari menjiplak atau mencontek ketika sedang mengerjakan tugas, ulangan atau ujian. Mencontek dapat membuat sifat kita curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutupi secara terus menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Mulailah beranggapan bahwa dengan mencontek pasti akan ketahuan guru dan sangat berdosa. Kalau mencontek, kamu bisa bodoh karena tidak berpikir sendiri. Lagipula teman yang kamu contek itu belum tentu benar jawabannya. Apalagi kalau ketahuan guru dan teman, malu kan ?

Inilah Cara Sukses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Awalnya memang akan terasa sulit, apalagi bagi orang yang kurang peka terhadap pelajaran sekolah. Tapi apabila terus dilatih pasti kamu terbiasa melakukannya.

Apabila kamu sudah menyiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional, tapi masih mendapatkan nilai yang kecil. Jangan khawatir, karena nilai tidak akan mempengaruhi nasib hidupmu. Rajin beribadah dan mencoba hal baru yang kamu sukai adalah jalan menuju kesuksesan.

0 Response to "19 Jurus Ampuh Menaklukan UNBK 2019"

Post a Comment

Silahkan beri komentar yang relevan dan membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel