Bingung Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget, Ini Solusinya!

https://ppkn.guruindonesia.id/
Bingung Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget, Ini Solusinya!
ppkn.guruindonesia.id - Bahaya penggunaan gadget pada anak sebaiknya dihindari, dengan cara tidak membiarkan mereka terpapar teknologi tersebut secara berlebihan. Apalagi diberi hak kepemilikan saat usia mereka masih di bawah 12 tahun, karena bisa menghambat tumbuh kembang otak, mental, bahkan fisiknya.

Akademi Dokter Anak Amerika dan Perhimpunan Dokter Anak Kanada menegaskan, anak umur 0-2 tahun tidak boleh terpapar oleh teknologi sama sekali. Anak umur 3-5 tahun dibatasi menggunakan teknologi hanya satu jam per hari. Dan anak umur 6-18 tahun dibatasi 2 jam saja perhari.

Sebenarnya Gadget merupakan salah satu Alat Komunikasi yang berguna dan sangat bermanfaat, akan tetapi tergantung bagaimana kita bijak dalam menggunakannya.
Anak-anak dan remaja yang menggunakan teknologi melebihi batas waktu yang dianjurkan, memiliki risiko kesehatan serius yang bisa mematikan.

Lalu bagaimana solusinya?? 
Kami akan berikan solusinya di Sini 

1. Jadi contoh yang baik
Mulailah dari kita sendiri sebagai Orang Tua, Anak belajar dari lingkungan sekitarnya. Jika Anda terlihat sering bermain gadget, anak pasti akan mengikuti kebiasaan Anda ini. Jika Anda ingin mengurangi waktu bermain gadget, maka Anda sendiri juga mampu mengatur waktu untuk menggunakan gadget secara bijak.
Jangan sampai Anda melarang anak untuk bermain gadget, tapi Anda sendiri masih terus menempel pada gadget. Larangan Anda tentu tidak akan membuahkan hasil.

2. Batasi penggunaan gadget
Mengatur kembali waktu anak bermain gadget bisa membantu Anda untuk membatasi penggunaan gadget oleh anak. Kemudian, jangan meletakkan gadget sembarangan, anak bisa mengambil dan memainkannya dengan mudah. Pastikan area kamar tidur anak juga bebas dari gadget.

3. Perbanyak aktivitas di luar atau di dalam rumah
Meningkatkan aktivitas anak di dalam rumah atau di luar rumah bisa menyita perhatian anak dan lupa dengan gadget. Anda bisa mengajak anak untuk lari pagi atau bersepeda di hari libur, mengajak anak memasak bersama, atau berkunjung ke rumah saudara. Lakukan kegiatan apapun yang membuat anak kembali aktif.

4. Kenalkan Permainan-Permainan Tradional yang menyenangkan
Banyak anak zaman sekarang yang tidak mengenal permainan-permainan tradisional yang sebenarnya lebih asik dan seru dibandingkan HP. Jadi upayakanlah pengalihan kepada permainan-permainan tradisional yang membuat anak lupa terhadap gadget. Banyak loh permainan Tradisional yang menarik dan unik yang pastinya akan membuat anak senang.

5. Bersikap tegas
Kecanduan gadget yang membuat anak tantrum, memang sulit dihadapi. Ingat, Anda harus tetap tegas untuk menerapkan peraturan yang baru Anda buat untuk membatasi waktu main gadget. Jangan sampai Anda iba dengan rengekan anak yang ingin terus main gadget.
Anak butuh waktu untuk terlepas dari gadget, jadi mengurangi waktu bermain gadget pada anak tidak boleh secara mendadak tapi lakukan secara perlahan.

6. Hapus Aplikasi Games 
https://ppkn.guruindonesia.id/
https://ppkn.guruindonesia.id/
Games merupakan salah permainan yang sangat di sukai oleh semua kalangan, mulai dari anak sampai dengan dewasa. Karena Games dianggap dapat menghilangkan kesuntukan dan membuat diri terhibur. Apabila tidak ada Aplikasi Games di HP anak akan mencari cara untuk menghibur dirinya, 

Nah!!,disinilah kesempatan anda sebagai orang tua untuk mengambil alih. Kembali berikan permainan-permainan yang ia sukai, misalnya bola, basket dll. 

7. Ganti Gadget dengan model yang sederhana
Setiap tahun peningkatan kualitas pada Gadget semakin berkembang, bahkan dengan harga yang cukup murah kita bisa mendapatkan Gadget yang lengkap dengan Aplikasi. Nah mulai sekarang upayakan gantilah Gadget anda dengan model Jadul (Jaman Dulu) yang memang minim Aplikasi yang hanya bisa digunakan untuk Telepon dan SMS saja. 

8. Berikan Pemahaman yang dapat di terima anak 
Sekeras apapun sifat dan sikap anak, sebagai orang tua pasti memiliki cara untuk membujuk dan mendidik anaknya di rumah. Berikanlah pemahaman kepada anak tentang Bahaya dan Resiko apabila terlalu lama atau sering menggunakan Gadget, atau sesekali perlihatkan Video korban terlalu banyak main gadget. Sudah banyak di youtube dan bisa dilihat
             
Allah SWT melarang apapun yang berlebihan, karena berlebihan tidak memberikan hal yang  positif. sikap yang lahir dan jiwa yang tidak stabil. Larangan berlebihan ini juga untuk urusan akhirat, bukan hanya Dunia.

Semoga bermanfaat, jangan menyerah dan teruslah berusaha agar anak - anak kita terhindar dari kecanduan Gadget. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, silahkan berikan komentar yang bermanfaat dan membangun.

0 Response to "Bingung Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget, Ini Solusinya!"

Post a Comment

Silahkan beri komentar yang relevan dan membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel