Cara Membangun Kepercayaan Orang Tua Murid Terhadap Sekolah

https://ppkn.guruindonesia.id/
Cara Membangun Kepercayaan Orang Tua Murid Terhadap Sekolah
ppkn.guruindonesia.id - Sekolah merupakan wadahnya pendidikan, dimana setiap orang tua akan menitipkan anak-anaknya di sekolah dengan harapan anaknya menjadi orang yang cerdas, kreatif, disiplin, bermoral, berakhlak, religius dan sukses tentunya. Akan tetapi tidak semua orang tua mudah menitipkan anak-anaknya di sekolah dengan beberapa alasan, kekhawatiran yang tinggi dari orang tua adalah sesuatu hal yang wajar karena mereka ingin mendapatkan yang terbaik. Disinilah tugas pengelola Sekolah untuk mengambil hati dan kepercayaan orang tua. 

Artikel ini akan membahas Cara membangun kepercayaan orang tua murid Terhadap Sekolah. Sebuah hal yang tidak mudah karena mengelola sekolah seperti membangun kepercayaan dan mengelola sebuah lembaga dengan prinsip bisnis dan berorientasi pada kepuasan pelanggan. 
  1. Pelayanan yang ramah dan Sopan, selain mendidik, sekolah memiliki kepentingan sebagai tempat mencari nafkah bagi Pendidik dan tenaga kependidikan terlebih sekolah swasta, maka setiap tahunnya harus berusaha keras mempromosikan sekolahnya agar diminati dan berharap banyak siswa yang masuk kesekolah tersebut. Selain sebagai pelajar siswa juga seorang customer yang membutuhkan pelayanan yang ramah dan sopan. Sehingga orang tua tenang dan nyaman menitipkan anak-anaknya disekolah.
  2. Dalam merekrut tenaga kependidikan sekolah juga jangan asal terima begitu saja, Rekrutlah tenaga kependidikan yang baik, rapi, sopan dan berkompeten dibidangnya. 
  3. Perlakukan orang tua siswa sebagai orang yang terhormat dan berprasangka baiklah kepadanya. Di sekolah swasta biasanya orang tua dengan cepat menghitung berapa uang yang sudah ia bayarkan dan berapa apa yang sekolah telah berikan pada dirinya melalui anak-anaknya. Jika sekolah tidak inovatif dan maksimal bersiaplah mendapatkan komplain dari orang tua serta menyalahkan sekolah terus menerus.
  4. Berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kebersihan dan kerapihan, serta berpakaian yang pantas dan bersih. Tidak perlu yang mahal tapi cukup tampil dengan padu padan yang serasi. Jika sekolah memiliki seragam, hal ini jauh lebih baik.
  5. Hati-hati dengan makna ‘keakraban’, untuk mengambil hati orang tua siswa mungkin kita memaksakan diri untuk menjalin keakraban tidak dengan kewajaran atau tidak secara alami.
  6. Tidak membeda-bedakan siswa, menerapkan standar yang sama pada semua siswa. Ini akan menjadikan orang tua tahu dan percaya terhadap sekolah untuk mendidik anak-anak mereka.
  7. Maksimalkan fasilitas sekolah, disesuaikan dengan biaya pendidikan yang diberikan orang tua. Karena pastinya orang tua murid akan berhitung dengan biaya mahal maka harusnya fasilitas pendidikan juga baik dan maksimal.
  8. Kurangi bahkan hindari, pungutan-pungutan liar kepada siswa. Jangan sedikit-sedikit bayar untuk ini, bayar untuk itu, tapi Buatlah management yang baik dalam pengelolaan keuangan sekolah sehingga tidak terkesan sekolah minta uang melulu.
  9. Maksimalkan prestasi akademik dan non akademik untuk siswa/i anda disekolah. Berikan kesempatan anak untuk mengikuti kegiatan/perlombaan-perlombaan diluar sekolah untuk membangun kreativitas dan kompetensi siswa.
  10. Jalin komunikasi yang baik dan rutin, biasanya selain sekolah tugas utama jalin komunikasi adalah wali kelas. Jangan hanya komunikasi saat menjelang ujian atau menagih uang bayaran sekolah, tetapi lakukan komunikasi terkait perkembangan prestasi anak, permasalahan anak, informasi pendidikan dll kepada orang tua murid.
Kuncinya adalah sekolah menghormati dan mempercayai keberadaan orangtua dan begitu juga sebaliknya. Bukan hanya sekolah yang memiliki kewajiban mendidik akan tetapi orang tuapun berperan penting dalam memberikan wawasan dan informasi tentang apa yang dibutuhkan anak. Orang tua merupakan mitra bagi sekolah dalam proses pengambilan keputusan sehingga sekolah perlu mengembangkan kebijakan pintu terbuka. Artinya, sekolah menciptakan iklim yang menyambut orang tua dan mengungkapkan kepedulian terhadap kebutuhan mereka, yakni kebutuhan orang tua serta kebutuhan anak. Namun, sekolah juga harus menyadari, orang tua juga memiliki keterbatasan, baik keterbatasan waktu, tenaga, pemikiran, dan sebagainya. Untuk menjembatani keterbatasan itulah, sekolah memberikan akses layanan, dukungan, sumber daya dan pertemuan di waktu dan tempat yang berfungsi untuk mempertemukan orang tua dan sekolah.

Penulis mengucapkan terima kasih bagi pembaca yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini sampai selesai, berikan komentar dan saran yang bermanfaat untuk penulis. 

0 Response to "Cara Membangun Kepercayaan Orang Tua Murid Terhadap Sekolah"

Post a Comment

Silahkan beri komentar yang relevan dan membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel