Fantastis, Gaji Guru Tertinggi di 5 Negara

https://ppkn.guruindonesia.id/2019/03/puncak-guru-pensiun-tahun-2022.html
Fantastis, Gaji Guru Tertinggi di 5 Negara
ppkn.guruindonesia.id - Apa kabar Guru Indonesia? Semoga selalu dalam keadaan sehat. Hanya berbagi informasi kali ini penulis membuat artikel terkait Fantastis, Gaji Guru Tertinggi di 5 Negara. Dengan harapan nasib Guru di Indonesia lebih diperhatikan dan di utamakan, sehingga kesehjateraan Guru terjamin.  

Guru adalah pekerjaan mulia yang mendidik generasi penerus bangsa. Istilah guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa pun layak disematkan kepada guru yang tidak pernah pamrih untuk memberikan pengetahuannya kepada generasi muda. Sayangnya, di Indonesia beban berat guru sebagai orang yang digugu dan ditiru sering berhimpitan dengan keadaan keuangan yang kurang mencukupi kehidupan sehari-hari.

Sudah jamak diketahui kalau gaji guru di Indonesia, terlebih di daerah dan di pedalaman jauh dari kata jauh. Bila kita bandingkan dengan negara-negara ini maka sangat jauh penghargaan pemerintah terhadap guru. Inilah negara yang membayar tenaga pendidiknya sangat mahal karena mereka tahu kunci sukses suatu bangsa adalah pendidikan, dan tonggak utama pendidikan adalah guru yang berkualitas. 

Di Indonesia sampai saat ini masih diwarnai dengan segudang masalah keuangan, khususnya di bidang pendidikan. Yang sedang viral saat ini mengenai gaji guru honorer yang ternyata hanya Rp 300 ribu per bulan.

Di luar Indonesia, ada beberapa negara yang memiliki kualitas pendidikan tinggi serta memberikan gaji fantastis bagi guru-gurunya.

Melansir Business Insider, gaji tertinggi di dunia bagi para guru berada di Luksemburg. Ini didapat dari penelitian Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2017.

Gaji awal guru SMA di Luksemburg per tahun bisa menyentuh USD 79 ribu atau Rp 1,1 miliar (USD 1 = Rp 14.050). Sementara, gaji tertinggi guru senior di SMA Luksemburg adalah sekitar USD 138 ribu (Rp 1,9 miliar).

Penelitian OECD turut memisahkan gaji guru SD dan SMA. Berikut 5 negara tempat guru SD bisa mendapat bayaran tinggi berdasarkan skala gaji tertinggi (top of pay scale).

A. Tingkat SD
1. Luksemburg: USD 122 ribu (Rp 1,9 miliar)
2. Swiss: USD 84 ribu (Rp 1,18 miliar)
3. Korea Selatan (Korsel): USD 79 ribu (Rp 1,1 miliar)
4. Jerman: USD 72 ribu (Rp 1 miliar)
5. Amerika Serikat (AS): USD 68 ribu (Rp 955 juta)

Perlu diperhatikan, angka itu adalah gaji tertinggi yang dapat dicapai. Bila dilihat dari gaji awal, guru SD di Jerman mendapat gaji lebih tinggi dari Korsel. Namun guru-guru di Korsel menikmati penambahan gaji sesuai lama waktu mereka bekerja.

Gaji awal guru Korsel adalah sekitar USD 28 ribu (Rp 393 juta) dan itu lebih kecil dari guru di AS dan Jerman, tetapi seiring berjalannya waktu menjabat gaji mereka lebih tinggi dari dua negara itu menjadi USD 79 ribu.

B. Tingkat SMA
Beralih ke guru SMA, berikut 5 negara di mana guru bisa meraih gaji fantastis berdasarkan skala gaji tertinggi (top of pay scale).

1. Luksemburg: USD 138 ribu (Rp 1,9 miliar)
2. Swiss: USD 107 ribu (Rp 1,5 miliar)
3. Jerman: USD 89 ribu (Rp 1,2 miliar)
4. Korea: USD 78 ribu (Rp 1 miliar)
5. Austria: USD 76 ribu (Rp 1 miliar)

Sama seperti sebelumnya, kenaikkan gaji para guru SMA di Korsel terhitung tinggi, meski gaji awal mereka adalah sekitar USD 27 ribu (Rp 379 juta), angka itu di bawah gaji awal guru SMA Belanda dan Kanada. Lalu, setelah 10 tahun gaji mereka naik USD 41 ribu (Rp 575 juta), dan puncak tertinggi mencapai USD 78 ribu. 

Nama Luksemburg masih berada di posisi puncak dengan gaji tahunan hingga USD 138 ribu. Sementara, Finlandia yang tercatat memiliki pendidikan terbaik di dunia tidak masuk daftar 5 besar.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. 

0 Response to "Fantastis, Gaji Guru Tertinggi di 5 Negara"

Post a Comment

Silahkan beri komentar yang relevan dan membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel