Perlindungan Bagi Pendidik dan Tenaga kependidikan

https://ppkn.guruindonesia.id/
Perlindungan Bagi Pendidik dan Tenaga kependidikan
Assalamu'alaikum.Wr.Wb 

Salam hangat Guru Indonesia 
ppkn.guruindonesia.id - Pada kesempatan ini Penulis akan berbagi Informasi terkait Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Perlindungan Bagi Pendidik dan Tenaga kependidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Permendikbud Nomor 10 Tahun 2017 tentang Perlindungan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada 1 Maret 2017 lalu.

Permendikbud Nomor 10 Tahun 2017 diharapkan bisa menjadi pegangan bagi guru. sehingga, guru bisa lebih tenang dalam mengajar disekolah. Akan tetapi, guru tidak boleh seenaknya berlindung dibalik regulasi tersebut. Guru tetap menjunjung asas kepatutan dalam menjalankan profesinya sebagai pendidik. selain itu, guru tidak boleh seenaknya menghukum siswa sesuka hati. Hal itu mengomentari adanya guru yang dipolisikan akibat menghukum murid secara fisik yang berlebihan.

Menindaklanjuti Permendikbud 10/2017, Kemendikbud akan membangun sinergi mengawal dan mendampingi guru dan tenaga kependidikan.

Dalam Pasal 2 dijelaskan, regulasai tersebut memberikan perlindungan pada pendidik dan tenaga kependidikan yang menghadapi permasalahan terkait pelaksanaan tugas, meliputu hukum, profesi, keselamatan dan kesehatan kerja, serta hak atas kekayaan intelektual. Perlindungan hukum, yakni mencakup tindak kekerasan, ancaman, perlakuan diskriminatif, intimidasi dan/atau perlakuan tidak adil yang diterima dari peserta didik, orang tua peserta didik, masyarakat, birokrasi, dan/atau pihak yang terkait dengan pelaksanaan tugas sebagai pendidik dan tenaga kependidikan.

Sementara untuk perlindungan profesi, mencakup, pemutusan hubungan kerja yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, pemberian imbalan yang tidak wajar, pembatasan dalam menyampaikan pandangan, pelecehan terhadap profesi, dan/atau pembatasan atau pelarangan lain yang dapat menghambat pendidik dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas.

Selanjutnya, untuk perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja, mencakup, gangguan keamanan kerja, kecelakaan kerja, kebakaran pada waktu kerja, bencana alam, kesehatan lingkungan kerja, dan/atau risiko lain. Perlindungan hak atas kekayaan intelektual, yakni, hak cipta, dan/atau hak kekayaan industri.

Dalam Pasal 3, regulasi itu mengamatkan kewajiban perlindungan pada pemerintah, pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya, satuan pendidikan, organisasi profesi, dan/atau masyarakat.

Dengan adanya Peraturan Kemendikbud ini secara langsung Negara memberikan Perlindungan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Para Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. 

Terima kasih sudah berkenan dan menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini.

Dibawah ini kami menyajikan Permendikbud Lengkap dengan pasalnya dan bisa di Download

0 Response to "Perlindungan Bagi Pendidik dan Tenaga kependidikan"

Post a Comment

Silahkan beri komentar yang relevan dan membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel