Tips Jitu Agar Guru Nyaman, Betah dan Loyal mengajar di Sekolah

https://ppkn.guruindonesia.id/
Tips Jitu Agar Guru Nyaman, Betah dan Loyal mengajar di Sekolah
ppkn.guruindonesia.id - Membuat Guru nyaman bekerja di sekolah adalah tujuan dari semua pengelola sekolah dan orang tua siswa. Banyak cara agar seorang Guru nyaman berada di Sekolah. Jika pengelola sekolah menganggap bahwa seorang guru itu adalah hanya karyawan maka pengelola sekolah beranggapan bahwa, masalah gaji lah yang akan membuat seorang guru merasa nyaman. Ada benarnya juga, walaupun tidak sepenuhnya benar. 

  1. Ruang guru yang memadai. Saya tidak mengatakan ideal namun memadai. Karena setiap sekolah punya standar masing-masing. Misalnya Ruang guru tersedia Air Minum serta gula, teh dan kopi akan membuat guru betah untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Lebih bagus lagi jika ada pantry, dapur kecil yang ada peralatan untuk memanaskan makanan jika sekolah belum menyediakan makan untuk guru. Di ruang guru juga sebaiknya ada komputer dan printer yang siap mambantu tugas guru dalam mempersiapkan pengajaran yang kreatif untuk muridnya.
  2. Menyediakan makan siang untuk guru. Jika sekolah belum mampu menanggungnya 100 persen, sekolah bisa melakukannya dengan patungan 60:40 dengan gurunya. Makan siang dan permasalahan asupan gizi dan makanan sangat penting bagi seorang guru karena jika sekolah melewatkan hal ini yang terjadi adalah sekolah akan sering mendapat kabar guru tidak masuk karena sakit. Hal ini bisa saja terjadi karena guru makan di warung yang belum tentu terjamin kebersihan atau terkadang mereka tidak punya cukup waktu untuk menyiapkan makanan dikarenakan lalu lintas menuju sekolah yang mengharuskan mereka berangkat pagi- pagi benar. Jika sekolah ingin maju dan sukses diperlukan guru yang sehat dan siap mengajar. selain itu, keakraban akan terbina jika sering makan siang bersama. 
  3. Dipenuhi peralatannya. Peralatan yang saya maksud termasuk media pembelajaran dan alat bantu mengajar serta sarana pendukung lain yang diperlukan Terkadang guru memang sering terlihat ‘boros’ namun dengan pendekatan dan sosialisai mengenai penghematan guru akan berpikir ulang sebelum melakukan hal yang akan berujung pada pemborosan. Cara guru memesan alat bantu, bahan dan media pembelajaran juga perlu diatur, dengan sistem yang baik akan membuat guru merasa sekolah mendukung dan membantu tugasnya sebagai pendidik. Sebaiknya sekolah membeli dalam partai besar untuk kemudian menyimpannya di sekolah dengan demikian selalu ada saat guru memerlukan itupun apabila biayanya mencukupi.
  4. Atasan yang mendahulukan kepercayaan dibandingkan dengan kecurigaan. Ada banyak perbedaan antara guru dan karyawan. Seorang guru bukan sekedar karyawan, ia adalah pendidik sebagai ujung tombak dari sebuah sekolah yang efektif. Karyawan memang punya mekanisme untuk diawasi oleh atasannya, sementara guru adalah orang yang baru akan maksimal dalam bekerja saat ia diberi kepercayaan. Terkadang guru pun bisa membuat kesalahan, disaat guru membuat kesalahan kepala sekolah/pengelola sekolah bukan jadi orang yang menghukum namun ia akan jadi orang yang mendampingi agar guru bisa lebih baik lagi dalam perilaku dan kinerjanya. 
  5. Ada event di luar jam mengajar. Guru senang jika di akhir tahun ia tahu bahwa ada kesempatan yang disediakan sekolah untuk pergi bersama keluarga besar sekolah tempat ia mengabdi atau ada saat sekolah lakukan ‘Teacher Appreciation Day’ atau "Family Gathering", kalau sekolah berat dengan biaya maka sekolah bisa bekerja sama dengan orang tua siswa mengadakan acara khusus untuk memberi penghargaan pada guru anak-anaknya yang telah mengajar penuh satu tahun ajaran.
  6. Diasah jiwa kepemimpinannya. Dalam rapat guru dihargai pendapatnya dan didengar sambil kepala sekolah berusaha dicarikan solusi. Dengan guru punya jiwa kepemimpinannya ia akan percaya diri saat bicara dengan orang tua siswa dan tampil sebagai guru profesional sebagai orang yang mewakili citra sekolah di mata masyarakat 
  7. Dibantu/disumbang jika ada kesulitan, minimal berikan perhatian atas masalah yang dihadapi. Guru juga manusia terkadang ia mengalami kesulitan diluar batas kemampuannya. Disaat inilah pengelola sekolah berperan dan membantu agar guru yang mengalami kesulitan terbantu dan bisa konsentrasi dalam mengajar. 
  8. Berikan kepercayaan sepenuhnya kepada guru untuk mengelola, mengatur pola mengajarnya di sekolah, akan tetapi pengelola sekolah tetapi mengawasi selama berjalan sesuai aturannya berikan penghargaan, bila keluar jadi aturan ingatkan dan berikan teguran yang pantas. 
  9. Sama rata sama rasa, maksudnya adalah jangan pernah sekolah membeda-bedakan guru yang satu dengan yang lainnya, setiap guru memilki karakter dan prestasi yang berbeda, dan pasti memiliki tujuan yang sama yaitu guru yang bisa jadi teladan bagi siswanya.
Apakah Bapak/Ibu Setuju dengan Tips ini, kalau setuju mari kita sampaikan Tips ini kepada Pengelola sekolah. Semoga Tips Jitu Agar Guru nyaman, betah dan loyal mengajar di Sekolah bermanfaat bagi para pembaca. Masih banyak tips-tips jitu lainnya yang pastinya Pembaca memilikinya, silahkan berikan masukan dan komentarnya dikolom komentar dibawah ini. Terima kasih 

0 Response to "Tips Jitu Agar Guru Nyaman, Betah dan Loyal mengajar di Sekolah"

Post a Comment

Silahkan beri komentar yang relevan dan membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel