TEKNIK MENGAJAR MODERN YANG PALING DI SUKAI OLEH SISWA ZAMAN NOW

https://ppkn.guruindonesia.id/2019/04/guru-apa-jadinya-dunia-ini-tanpa-dirimu.html
TEKNIK MENGAJAR MODERN YANG PALING DI SUKAI OLEH SISWA ZAMAN NOW
ppkn.guruindonesia.id - Apa kabar Rekan Guru Indonesia? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan panjang umur. Aamiin. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi menarik terkait TEKNIK MENGAJAR MODERN YANG PALING DI SUKAI OLEH SISWA/I ZAMAN NOW.

Mari simak informasi terbaru tentang teknik terbaru mengajar yang paling di sukai murid pada masa kini, tehknik guru modern yang membuat siswa betah belajar dan senang mengikuti pelajaran .

Menjadi guru merupakan pekerjaan yang menuntut pembaharuan di setiap harinya. Pembaharuan tersebut tak hanya berdasarkan instrument dalam pengajaran, namun dituntut untuk cerdas pula mengkomparasikan instrument pengajaran dengan wawasan yang dimilikinya. Bagi mereka yang memang memiliki passion dalam dunia mengajar, tentu akan cerdik untuk selalu mencari teknik terbaik yang bisa di aplikasikan kepada para muridnya yang berbeda di setiap harinya.

Bagi anda para guru dimanapun anda berada, berikut ini merupakan salah satu teknik yang dapat di terapkan kepada para murid dalam teknik pembelajaran di kelas.

1. Reasoning & Argumentation
Menjabarkan alasan dari suatu materi yang dianggap sulit agar siswa semakin paham. Dengan menerapkan langkah ini, akan membuat murid paham secara menyeluruh dari materi yang disampaikan oleh guru di depan kelas. Pentng sekali untuk menggunakan reasoning argumentation dalam menjelaskan materi-materi sulit, karena apabila materi sulit tak di jabarkan secara mendalam dengan berbagai alasan dan argumentasi valid di lapangan, membuat siswa menganggap anda omong besar yang hanya anda ketahui sendiri.

2. Picture & Group Technology
Di zaman modern yang serba digital saat ini, tentu pembelajaran yang masih menggunakan cara kuno, hanya sekedar khotbah satu arah akan sangat mubadzir tenaga, bagi guru itu sendiri. Mungkin niat kebaikan tanpa tulus ikhlas ingin mencerdaskan anak bangsa melalui khotbah satu arah tersebut tidaklah salah, namun penting untuk memahami karakter anak yang mengikuti perkembangan zaman. Ya Mengajar menggunakan bantuan media gambar atau tulisan merupakan salah satu ikhtiar seorang guru berinovasi dalam pembelajaran. Maka sangat dianjurkan bagi para guru, atau bahkan dosen segaligus melek tekhnologi, atau jika tidak bisa mintalah bantuan pada rekan anda yang sedikit paham pada tekhnologi untuk menyiapkan materi.

3. Body Language
Dengan memanfaatkan body language yang tepat dan ekspresif sangat bermanfaat dalam memahamkan siswa terhadap materi yang disampaikan. Dengan menggunakan body language yang pas dan tepat bahkan sedikit atraktif, memudahkan siswa dalam mengembangkan imajinasinya terhadap apa yang dijelasakan oleh guru di depan. Selain itu dengan memanfaatkan body language, berfungsi dalam menarik perhatian para siswa/ siswi. Menggunakan gerakan-gerakan tubuh supaya penyampaian lebih jelas, menarik perhatian siswa serta mudah untuk diingat.

4. Teaching Motivating
Model ini merupakan model yang dikembangkan oleh jhon M. Keller, dari Florida State University pada tahun 1983-1987. Model ini pun memiliki empat strategi pokok di dalamnya untuk memotivasi pembelajaran yaitu; Attention yang berkaitan dengan pemeliharaan terhadap minat, keingintahuan, dan juga perhatian.

Pada dasarnya semua metode yang telah kita lakukan saat ini sudah sangat baik dan menarik, tinggal bagaimana kita sebagai guru menerapkan dan menyesuaikannya. Guru Indonesia adalah orang-orang yang cerdas dan kreatif sehingga kami yakin pendidikan di Indonesia tidak akan pernah menjenuhkan dan pastinya mengasyikan.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan membantu. Berikan komentar dan saran yang membangun demi kebaikan pendidikan dimasa yang akan datang.

0 Response to "TEKNIK MENGAJAR MODERN YANG PALING DI SUKAI OLEH SISWA ZAMAN NOW"

Post a Comment

Silahkan beri komentar yang relevan dan membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel